Aktivitas Sederhana untuk Bayi

6 Aktivitas Sederhana untuk Bayi agar Ia Tumbuh Cerdas dan Pintar

Siapa sih yang tak ingin anaknya tumbuh cerdas dan pintar? Sepertinya, semua orang tua mau, kan? Bahkan, banyak yang rela memberikan les dan bimbingan belajar pada buah hatinya, kan? Untuk membuat anak cerdas dan pintar, sebenarnya Anda bisa memulainya sejak ia masih bayi. Ini aktivitas sederhana untuk bayi yang bisa buat ia cerdas dan pintar!

1. Hindari TV

Hal paling sederhana namun sering dilakukan orang tua sehingga anaknya tidak tumbuh dengan kecerdasan optimal adalah memberikan anak tontonan dari TV atau ponselnya. Menurut penelitian American Academy of Pediatrics, orang tua tidak boleh memberikan tontonan TV kepada bayi atau balita.

Sebab, waktu TV yang konstan tidak akan memberikan stimulasi pada otak bayi. Bahkan, sebenarnya dengan melakukan ini, Anda merusak keterampilan kognitif bayi dan membuang waktu penting yang seharusnya Anda gunakan untuk mengembangkan kecerdasan buah hati.

Sebaiknya, daripada memberikan TV pada anak, ada baiknya Anda melibatkan si kecil dalam beberapa aktivitas fisik yang membuatnya bergerak dan berpikir. Dengan begitu, keterampilan dan kecerdasannya akan terasah.

2. Menyanyi atau Mendengarkan Musik

Hal lain yang bisa Anda lakukan agar bayi cerdas dan aktif adalah dengan mengajaknya menyanyi atau mendengarkan musik. Nyanyikanlah berbagai macam lagu atau buatlah versi Anda sendiri. Dengan memberikannya musik, memorinya mampu meningkat.

Menurut banyak penelitian, mendengarkan musik dan menyanyi bisa meningkatkan rentang perhatian bayi dan juga meningkatkan ingatannya. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa coba memperkenalkan anak dengan alat musik yang akan membantunya mengembangkan kemampuan berpikir proporsional.

Tak sampai di situ saja manfaat dari memberikan musik dan bernyanyi bersama. Mempelajari musik bagi bayi juga mampu memupuk penalaran spasial dan temporalnya sekaligus juga mengembangkan kemampuan numerik di kemudian hari.

3. Membaca Buku

Aktivitas sederhana untuk bayi agar ia tumbuh cerdas dan pintar adalah membaca buku. Tak pernah ada kata terlalu dini untuk mengenalkan bayi pada keseruan membaca. Sejak bulan-bulan awal kelahirannya pun, Anda sudah bisa memperkenalkan buku dongeng atau koran pada anak yang kebetulan sedang Anda baca.

Pada saat usianya sudah bertambah, Anda bisa memperkenalkan buku dongeng bergambar pada si kecil. Bacakanlah dongeng dengan cara terbaik untuk membantu meningkatkan kosakata anak dan kenalkan juga pada hal yang ada di dalam dan luar rumah.

4. Mengeksplor Makanan

Agar bayi tumbuh dengan kecerdasan dan kepintaran yang cukup, Anda juga bisa mengajaknya melakukan aktivitas sederhana seperti mengeksplor makanan. Cara yang satu ini tak bisa diterapkan agar bayi pintar 0-6 bulan, ya! Bayi harus mengenal MPASI lebih dulu untuk memperkenalkan cara ini.

Anda bisa sajikan makanan dengan tekstur yang bervariasi. Beberapa makanan MPASI yang bisa Anda pilih adalah kacang polong, sereal, pasta, potongan blewah dan masih banyak lagi. Selain itu, biarkanlah anak menggenggam makananya sendiri sehingga ia bisa mengeksplor inderanya.

5. Bertepuk Tangan

Selain bisa membantu perkembangan basa dan koordinasi otot, ternyata bertepuk tangan bagi bayi juga bisa mengajarkan konsep pra matematika seperti irama dan pencarian pola. Dengan bertepuk tangan, bayi akan bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Maka, tak ada salahnya Anda mengajak anak melakukan aktivitas yang satu ini.

Baca Juga : Tips Bepergian dengan Bayi untuk Perjalanan Jauh

6. Berinteraksi

Tentu saja, agar bayi bisa tumbuh cerdas, pintar dan optimal, bayi juga harus lebih sering berinteraksi dengan orang tuanya. Ada banyak penelitian yang menyebutkan mengenai perilaku orang tua dan perkembangan bayi. Interaksi yang konstan antara bayi dan orang tua bisa memperbaiki perkembangan otak anak.

Jika Anda lebih sering berinteraksi dengan si kecil, maka ikatan emosional yang baik akan terjadi pada buah hati Anda. Selain itu, anak juga akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik. Semakin sering berinteraksi, itu akan membuat bayi merasa nyaman dan percaya diri.

Nah, siapa sangka, banyak aktivitas sederhana untuk bayi di atas bisa membantu bayi agar lebih cerdas dan pintar. Apakah selama ini Anda sudah melakukan berbagai aktivitas sederhana tersebut bersama buah hati? Kalau belum, cobalah untuk mulai lakukan dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *