Cara Memijat Kaki Bayi Agar Cepat Berjalan

Inilah Cara Memijat Kaki Bayi Agar Cepat Berjalan

Sekarang ini banyak sekali keluhan dari para orang tua, karena bayi yang lambat dalam perkembangan motorik seperti lambat berjalan. Sebenarnya ada salah satu cara yang jitu untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan.

Sebelum membahas cara memijat kaki bayi, kita bahas dulu mengenai berjalan. Berjalan merupakan salah satu tahapan dalam perkembangan seorang bayi yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup bayi tersebut. Biasanya bayi yang berumur 8-10 bulan akan mulai berjalan, dimulai dengan menekuk lutut, dititah, serta merayap pada dinding, lalu puncaknya bayi bisa berjalan dengan sempurna di saat ulang tahun pertama mereka yakni umur 1 tahun. 

Tetapi, ada juga bayi yang lebih cepat atau bahkan lebih lambat dalam hal berjalan. Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berjalan pada si bayi. Bagi para orang tua cobalah untuk tidak khawatir kalau bayi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk dapat berjalan dengan sempurna. Bahkan ada beberapa bayi yang belum bisa berjalan hingga berusia 16 atau 18 bulan. 

Nah, peran para orang tua saat inilah yang harus aktif dalam melatih si kecil untuk belajar berjalan, supaya ketika bayi berusia tepat satu tahun ia sudah lancar berjalan. Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, ada salah satu cara agar bayi bisa berjalan dengan cepat, yakni dengan cara memijat kaki sang bayi.

Banyak sekali manfaat dalam pijat bayi, salah satunya perlu dilakukan pada kaki bayi tersebut. Sebab pijat kaki pada bayi otomatis akan membantu membuat kelenturan pada persendian pinggul dan lutut supaya bayi cepat berjalan. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan.

1. Pijat Dibagian Paha

Cara yang pertama supaya bayi cepat berjalan adalah dengan memberikan sebuah pijatan pada bagian paha sang bayi. Pertama-tama siapkan baby oil atau baby lotion digunakan untuk memijat, supaya kulit sang bayi tidak lecet atau tidak merasa perih.

Kemudian, letakkan ibu jari Anda pada bagian pangkal paha bayi, setelah itu urut lembut paha bayi ke arah atas dan bawah dengan berulang-ulang. Lakukanlah gerakan tadi pada kedua paha bayi kurang lebih selama 15-20 menit. 

2. Pijat Tungkai Kaki

Selanjutnya, dengan mengasah bagian tumit kaki bayi atau biasanya disebut dengan tungkai kaki. Lakukanlah pijatan-pijatan secara lembut pada tungkai sang bayi dengan cara menepuk-nepuk lembut. Lakukan pijatan tersebut kurang lebih selama 10-15 menit, lalu putar-putar kaki bayi dengan lembut sesuai arah jarum jam dan sebaliknya. 

3. Pijat Betis

Pijatan lain yang berguna agar bayi bisa cepat berjalan yakni dengan cara memijat pada bagian betis sampai telapak kaki si bayi. Pijat ke arah atas dan bawah secara berulang-ulang di bagian betis tersebut.

Sertakan juga penekanan sedikit menggunakan jempol Anda sampai bagian telapak kaki bayi. Setelah itu, tekan-tekan kembali secara lembut bagian telapak serta tumit menggunakan jempol. 

4. Pijat di Bagian Telapak

Bagian telapak kaki bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan untuk dipijat, karena telapak kaki adalah suatu penopang atau tumpuan saat bayi berdiri dan berjalan. Lakukan pijatan dengan cara menekan dan menepuk-nepuk menggunakan ibu jari Anda.

Pijat terus menerus bagian telapak kaki sang bayi kurang lebih selama 15-20 menit. Sebenarnya memijat bayi tidak hanya bisa membantu membuat ia cepat berjalan, tetapi juga bisa melancarkan peredaran darah pada bayi agar ia dapat tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Nah, itulah cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan yang bisa diterapkan, lakukan secara rutin setiap harinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *