Cara Mengajarkan Sopan Santun pada Anak

Cara Mengajarkan Sopan Santun pada Anak

Mengajarkan sopan santun pada anak itu sangatlah penting. Anda tentu tak mau anak bersikap kurang ajar pada orang lain terlebih pada yang lebih tua? Padahal, akhir-akhir ini sudah banyak kejadian nyatanya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengajarkan sopan santun pada anak sedini mungkin. Bagaimana caranya?

1. Ajarkan Sejak Usia Dini

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak sopan santun adalah mengajarkannya sejak dini. Bahkan, akan lebih baik mengajarkan adab pada anak saat mereka baru berusia satu hingga tiga tahun. Ajarkan mereka hal yang sederhana dulu semisal membiasakan anak dengan empat kata penting.

Kata yang dimaksud adalah permisi, tolong, maaf dan terima kasih. Dengan membiasakan anak mengucapkan kata-kata itu sejak dini, mereka akan merasa tenang dan nyaman tatkala berhadapan dengan orang lain.

2. Jadilah Role Model

Cara mengajarkan sopan santun kepada anak yang bisa Anda terapkan selanjutnya adalah cobalah jadi role model. Ini sangat efektif terlebih bila Anda melakukannya secara konsisten. Sebab, sopan santun yang datang dengan cara ini tumbuh dengan proses dan membuat mereka selalu ingat. Anak itu peniru yang baik. Oleh sebab itu, lakukanlah yang terbaik pula.

3. Berikan Pujian yang Wajar

Untuk mengajarkan sopan santun terhadap orang yang lebih tua, bisa dimulai dengan memberikan pujian yang wajar juga. Ketika anak bersikap baik atau sopan, berikan mereka apresiasi melalui pujian atau hadiah seperti makanan atau minuman kesukaannya. Namun ingat, jangan berlebihan.

Kalau Anda melakukannya dengan berlebihan, anak akan bersikap sopan hanya untuk mendapatkan pujian atau hadiah saja. Prinsip pengajaran ini adalah beritahu dan ajari jika ia belum tahu sopan santun lalu tegur atau ingatkan jika ia sudah tahu tapi melanggar. Nah, setelah dia bersikap sopan santun, Anda bisa memberinya pujian atau apresiasi lain.

4. Berikan Waktu dan Perhatian Khusus

Mengajarkan sopan santun kepada anak bukanlah perkara yang mudah dan itu juga perlu ketekunan. Dalam mengajarkannya, Anda perlu memberikan perhatian khusus dan serius. Jangan jadikan ketidaksopanan anak sebagai bahan lelucon hanya karena anak lucu ketika melakukannya. Tapi, lakukan terus menerus agar hasilnya bisa maksimal.

5. Jangan Memaksa dan Memarahinya

Dalam mengajarkan sopan santun, memang perlu kesabaran yang tinggi. Sikap ini tak serta merta muncul pada diri anak namun harus dibiasakan secara perlahan. Saat anak belum memunculkannya, jangan tergoda untuk memarahi. Tegurlah dengan lembut dan ingatkan untuk berperilaku sebagaimana mestinya.

Ada kalanya anak Anda akan lupa bagaimana caranya bersikap sopan santun. Namun, Anda bisa mengajarkan sopan santun pada anak dengan terus mengingatkannya dan memberi teladan pada mereka. Perlahan tapi pasti, karakter sopan santun pada anak akan tumbuh sendiri.

6. Ajarkan Disiplin

Dalam mengajari anak sopan santun, Anda juga harus menerapkan disiplin. Anda bisa mengajari anak untuk disiplin bersikap sopan santun pada beberapa waktu seperti mengerjakan PR sebelum tidur, mengajak makan di tempat makan dan lainnya. Selain itu, ada baiknya Anda juga mengajak anak untuk bersikap lebih terbuka pada Anda.

Manfaat Bersikap Sopan Santun

1. Mudah Dipercaya oleh Orang Lain

Bersikap sopan santun ternyata sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah anak Anda akan lebih mudah dipercaya orang lain. Misalnya, ketika anak selalu memperhatikan guru yang sedang mengajar, maka guru akan percaya pada anak. Begitu juga dengan lainnya.

2. Selalu Dihargai, Dihormati dan Disenangi Banyak Orang

Bersikap sopan santun juga bisa membuat anak mendapatkan penghargaan dari orang lain seperti disenangi, dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Orang lain juga akan segan bertindak yang tak baik pada anak.

3. Menjaga Hubungan Baik

Dengan bersikap sopan santun, itu artinya mereka yang melakukannya akan menjaga hubungan baik antara satu sama lain. Perselisihan bisa diselesaikan dengan mudah apabila tak ada yang egois di antara kedua belah pihak dan memaksakan kehendaknya.

Baca Juga : Manfaat Mengajarkan Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini

4. Mendapat Banyak Teman dan Dukungan

Bersikap sopan dan santun juga bisa membuat anak mendapatkan banyak teman dan dukungan. Itu karena mereka yang menerapkan sikap ini mudah disenangi dan menyenangkan juga. Perilaku ini akan mengundang banyak simpati dan dukungan sehingga apabila ia membutuhkan sesuatu, maka akan lebih mudah mendapatkannya.

5. Menjadi Tauladan

Sifat yang baik seperti sopan santun ini tentunya akan mendatangkan ketauladanan bagi orang lain. Norma sosial ini tak bisa dilepas dalam hal keseharian. Dengan begitu, orang lain akan menjadikan mereka yang melakukannya sebagai contoh terbaik dalam bersosialisasi terhadap sesama.

Nah, itulah cara yang bisa diterapkan dalam mengajarkan sopan santun pada anak dan manfaat yang bisa didapat dengan bersikap sopan santun. Bukan hanya di lingkungan rumah saja, di sekolah hingga lingkungan sosial pun sikap ini sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *