Cara Mengatasi Anak Manja dan Cengeng

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Manja dan Cengeng

Sebagai orang tua, tentu Anda ingin memberikan segala sesuatu yang baik untuk buah hati. Oleh karena itu, tanpa sadar Anda memberikan semua yang diinginkan tanpa membuat mereka berusaha sedikitpun. Padahal, ini bisa menyebabkan mereka manja dan cengeng, lo! Kalau sudah begini, mengatasi anak manja dan cengeng pun cukup susah!

Penyebab Anak Manja dan Cengeng

1. Memberikan Fasilitas yang Lengkap

Salah satu hal yang mungkin tak Anda sadari namun sudah Anda lakukan sehingga membuat anak manja dan cengeng adalah memberikan mereka fasilitas yang lengkap sehingga anak terbiasa dengan kesenangan. Ketika fasilitas itu hilang, mereka akan merasa tersiksa. Hal inilah yang akan membuat mereka manja dan cengeng bila tak mendapatkannya.

2. Melayani Semua Kebutuhan Si Kecil

Selain itu, mungkin orang tua juga selalu melayani kebutuhan si kecil. Ini juga membuat anak tidak mandiri dan terkesan manja. Bilapun bukan Anda yang melakukannya, mungkin Anda memberikannya pengasuh yang juga mengabulkan semua keinginan anak. Padahal, kemandirian ini sangat perlu untuk si kecil agar ia bisa menolong dirinya sendiri nanti.

3. Mengambil Alih Semua Permasalahan Si Kecil

Saking Anda tak ingin si kecil susah, Anda sampai mengambil alih semua permasalahan yang dimiliki si kecil tanpa memberikan kesempatan sedikitpun pada si kecil untuk mengatasi masalahnya sendiri. Akibatnya, hal ini bisa membuat buah hati Anda memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap orang tuanya.

Anak pun jadi tak bisa mendapatkan proses pembelajaran di mana ia berhasil mengatasi masalah yang muncul. Ketergantungan inilah yang kelak akan menciptakan pribadi yang lemah dan tak mampu bersaing dengan anak-anak seumurnya.

4. Kurang Perhatian dari Orang Tua

Namun ternyata, anak bisa manja tak hanya karena Anda memberikan semua yang diinginkan. Anda yang tidak memberikannya perhatian yang cukup ternyata juga bisa membuat anak jadi manja. Anda mungkin akan terlalu sibuk bekerja dan ada di luar rumah.

Tak hanya itu, saat tiba di rumah, Anda akan langsung istirahat tanpa menyempatkan diri untuk menyapa anak dan bertanya mengenai hari yang telah dilaluinya. Kalau sudah begini, anak akan bersikap manja dan selalu mencari perhatian orang tua. Ia akan melakukannya setiap kali ada kesempatan.

5. Tidak Memberi Tanggung Jawab

Penyebab lain mengapa anak bisa manja dan cengeng adalah karena Anda tidak mengenalkannya dengan tanggung jawab. Ketika besar, ia akan tumbuh menjadi anak yang seenaknya sendiri dan merasa orang tuanya akan bertanggung jawab untuknya. Dia akan bergantung pada Anda dan tak mau menyelesaikan masalah yang jadi tanggung jawabnya.

Baca Juga :

Cara mengatasi Anak Manja dan Cengeng

1. Komitmen untuk Tidak Memanjakan Anak

Salah satu cara mendidik anak yang terlanjur manja adalah dengan berkomitmen untuk tidak lagi memanjakan anak Anda. Yakinlah pada diri Anda bahwa sekali-sekali tak apa anak Anda merasakan kesulitan. Toh, ini demi kebaikan mereka sendiri. Jangan sampai niat Anda untuk tidak memanjakannya goyah hanya karena mendengarnya merengek dan merajuk.

2. Konsisten

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak manja dan cengeng adalah dengan tetap konsisten menjalankan peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tetaplah pada pendirian Anda untuk tidak dengan mudah membelikan anak barang yang diminta saat jalan-jalan di mall adalah salah satu contohnya.

Tak masalah membiarkan mereka merengek atau menangis memohon. Paling penting, Anda harus tegas mengatakan pada anak bahwa dia harus berusaha dulu untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Anda bisa minta anak untuk menabung sendiri guna beli barang tersebut. Anda juga bisa jadikan reward barang tersebut bila anak melakukan prestasi tertentu.

3. Beri Anak Kesempatan untuk Berusaha

Anda bisa memberikan anak kesempatan untuk berusaha lebih dulu. Saat anak mengalami kesulitan, jangan buru-buru untuk membantunya keluar dari masalah tersebut. Berikan dia nasihat atau sedikit bantuan dan biarkan ia menyelesaikannya sendiri. Namun, pastikan Anda mengamati cara mereka berusaha dan luruskan kalau mereka melakukan kesalahan.

4. Kenalkan Anak pada Hukum Sebab Akibat

Selain itu, Anda juga bisa coba mengenalkan anak pada hukum sebab akibat. Anda juga bisa mengenalkan mereka apa arti dari usaha. Ketika mereka berhasil melakukannya, tak ada salahnya memberi mereka penghargaan. Tak harus barang yang mahal, Anda bisa memberikannya kata-kata pujian saja. Percayalah, ini bisa memberikan hasil yang positif.

Begitu juga bila anak membuat kesalahan baik itu pada Anda atau orang lain. Anda boleh menegurnya dan membiarkan anak dihukum. Hal ini perlu untuk perkembangan mereka agar ia paham apa akibat dari suatu perbuatan yang sudah dia ambil. Tapi ingat, bila Anda menghukumnya, jangan terlalu keras karena ini juga tak baik untuk perkembangannya.

5. Ajak Suami dan Orang Terdekat Dalam Mendidik Anak

Hal lain yang harus Anda lakukan agar mendisiplinkan anak manja bisa terlaksana adalah dengan mengajak suami dan orang terdekat turut dalam mendidiknya untuk berkomitmen menghilangkan sifat manja mereka. Dengan dukungan dari banyak pihak, anak tak memiliki plan B untuk bersifat manja. Ini akan bermanfaat bagi ketegasan dan kemandiriannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi anak manja dan cengeng. Selain itu, ada juga penyebab yang buat anak jadi manja dan cengeng. Anda tentunya harus menghilangkan kebiasaan yang tanpa Anda sadari sudah dilakukan pada anak dan membuat mereka manja itu, ya! Tentu saja, agar anak bisa mandiri hingga besar nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *