Jenis Kecerdasan Anak

Deteksi Kecerdasan Anak, Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Pada masa tumbuh kembang anak, ada hal yang tak boleh Anda lewatkan, mendeteksi apa kecerdasan anak Anda dan mengenali minat dan bakat mereka. Seringkali orang tua tak mengetahui bakat dan minat buah hati mereka karena tak deteksi kecerdasan anak sejak dini. Agar bisa mengarahkannya, baiknya lakukan deteksi dini dan kenali kecerdasannya!

Jenis-Jenis Kecerdasan Anak

1. Word Smart
Ada banyak jenis kecerdasan pada anak yang harus Anda tahu sebelum melakukan deteksi kecerdasan dini. Salah satunya adalah Word Smart atau kecerdasan linguistik. Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan bahasa baik dalam bentuk tulisan ataupun saat berbicara.

Kecerdasan ini sendiri dapat dilihat dengan anak yang suka membaca, cepat bisa mengeja kata dengan baik, suka menulis, bicara dan mendengarkan cerita. Untuk bisa mendukung kecerdasan anak 4 tahun atau balita pada umumnya ini, Anda bisa sering mengajaknya bercerita, membaca bersama, membacakan dongeng dan lainnya.

2. Number Smart
Jenis kecerdasan lainnya adalah Number Smart atau kecerdasan logika dan matematis. Jenis ini ditandai anak yang menyukai angka dan hal yang berbau sains serta logika. Anda bisa berikan anak alat berhitung yang menarik, benda-benda untuk dihitung, balok bertuliskan angka, puzzle hingga timbangan pengukur berat untuk mengasah kemampuannya.

3. Self Smart
Jenis lainnya adalah Self Smart. Jenis kecerdasan ini cenderung lebih suka bermain sendiri namun ia mampu mengatur emosi dengan baik. Anak tipe ini dominan memiliki ambisi dan sudah tahu akan menjadi seperti apa ke depannya. Ia juga memiliki rasa ingin tahu dan percaya diri yang tinggi dan mampu mengkomunikasikan perasaannya dengan baik.

Bila Anda memiliki anak dengan ciri kecerdasan yang seperti ini, ada baiknya Anda mengajak si kecil berbicara mengenai perasaannya dan tanyakan pendapat mereka tentang banyak hal. Selain itu, Anda juga bisa mengajak mereka melakukan berbagai aktivitas yang bersifat reflektif.

4. People Smart
People Smart atau kecerdasan interpersonal adalah jenis lainnya. Ini adalah kebalikan dari Self Smart. Anak yang memiliki kecerdasan ini suka bermain dengan banyak orang. Ia juga memiliki empati yang tinggi dan mampu memahami perasaan orang lain. Untuk mendukungnya, Anda bisa ajak ia bermain di luar atau sering ajak datang ke acara keluarga.

5. Music Smart
Selanjutnya adalah Music Smart atau disebut dengan kecerdasan musikal. Jenis ini paling mudah dilihat karena ia memiliki ciri-ciri khas. Ciri yang dimaksud adalah anak suka bernyanyi, berjoget ketika mendengarkan musik, suka mendengarkan musik, mengingat lagi, suka memukul-mukul seolah sedang bermain drum atau piano.

Anda bisa mendukung kecerdasan anak usia dini ini dengan memberikan ia alat musik seperti drum kecil, keyboard, piano, pianika dan lainnya. Selain itu, cobalah juga ajak si kecil untuk bermain musik bersama, bernyanyi, mendengarkan musik dan mengajaknya menonton konser musik anak-anak.

6. Picture Smart
Picture Smart disebut juga dengan kecerdasan spasial. Anak yang memiliki kecerdasan ini umumnya suka menggambar, mencorat-coret dan suka berimajinasi dan bermain menggunakan balok. Untuk mendukung kecerdasannya, Anda bisa memberikan ia buku gambar, perlengkapan mewarnai, dan membawanya ke museum seni.

7. Body Smart
Ada juga kecerdasan Body Smart atau kecerdasan kinestetik. Anak dengan kecerdasan tipe ini umumnya sangat aktif dan suka berolahraga, menari atau menyentuh berbagai hal lalu mempelajarinya. Anak bertipe ini sangat senang berolahraga bersama-sama. Jadi, Anda bisa mendukungnya dengan ikut berolahraga bersama.

8. Nature Smart
Lalu ada Nature Smart. Kecerdasan naturalis ini memiliki ciri anak yang senang bermain dengan alam. Ia juga menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan suka dengan tanaman. Untuk mendukungnya, Anda bisa memberikan anak peliharaan atau lahan untuk berkebun.

9. Kecerdasan Moral
Terakhir adalah kecerdasan moral. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan dalam memahami aturan tuntutan yang ada di lingkungan dan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Mengenali Kecerdasan Anak?

Untuk bisa mengenali kecerdasan anak sejak dini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebenarnya. Jika sudah tahu bakat apa yang dimiliki anak,, Anda bisa mengarahkannya ke bakat dan minat yang tepat sesuai dengan usia mereka. Nantinya, ini juga akan menjadi life skill mereka dan sangat berguna ketika mereka dewasa. Cara mengenalinya sendiri adalah sebagai berikut!

1. Beri Stimulus
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan stimulus. Biarkan ia mengeksplorasi terhadap diri dan lingkungannya. Anda bisa memulai dengan memberi kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai jenis kegiatan seperti olahraga, musik, hobi dan pekerjaan di sekitarnya.

Tentunya, Anda harus melakukannya dengan cara yang ringan dan menyenangkan sesuai usia anak. Misalnya, Anda bisa mengajak anak ke lapangan untuk melihat berbagai jenis olahraga, menghadiri pentas kesenian atau berjalan di taman bermain.

2. Amati Tingkah Lakunya
Lanjutnya dengan mengamati tingkah laku anak Anda. Dalam tahap ini, sebenarnya Anda sudah melakukan observasi pada jenis kegiatan apa yang membuat anak senang dan ingin mengulang melakukannya lagi serta merasa tertarik dan ingin tahu lebih banyak.

3. Amati Kecerdasannya
Setelah itu, lanjutkan dengan mengamati kecerdasannya. Anda harus tahu, tak ada anak yang tak cerdas. Semuanya memiliki kecerdasan tersendiri yang sudah dipaparkan sebelumnya. Dengan mengetahui apa jenis kecerdasan yang dimiliki anak Anda, Anda bisa menggali minat dan bakat mereka lebih lanjut.

Baca Juga : Apa Penyebab Anak Tidak Mau Sekolah dan Cara Menghadapinya?

4. Berikan Ruang untuk Unjuk Gigi
Selanjutnya, cobalah berikan anak ruang untuk unjuk bakat dan minat mereka. Cobalah untuk mendekatkan mereka dengan orang yang ahli di bidang tersebut semisal dengan memasukkannya ke perkumpulan orang yang sesuai dengan bakat dan minat anak. Selain itu, Anda juga bisa mengikutkan anak ke berbagai perlombaan agar anak lebih percaya diri.

5. Dukungan Positif
Paling penting, berikanlah dukungan positif pada anak atas apa yang telah mereka lakukan. Hargai setiap usaha yang telah mereka lakukan. Ini berperan penting dalam memupuk minat dan bakat anak sejak dini.

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja jenis kecerdasan pada anak dan bagaimana cara deteksi kecerdasan anak, kan? Bila Anda sudah tahu seperti apa anak Anda, cobalah untuk terus mendukung dan memfasilitasi minat dan bakat mereka. Dukungan ini akan memberikan dorongan yang luar biasa padanya agar bisa jadi lebih baik ke depannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *