Telaga Gua di Pulau Wangi, Raja Ampat

Inilah 5 Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Raja Ampat

Sekeping surga di dunia, begitulah julukan yang disandang Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi memang merupakan salah satu destinasi di Indonesia yang sangat menakjubkan. Alamnya masih belum banyak terjamah, ditambah pula dengan pemandangan alam lautnya yang sangat mempesona. Jika Anda ingin berlibur ke Wakatobi, inilah hal-hal seru yang tak boleh Anda lewatkan.

 

Diving di Salah Satu Spot Terbaik Dunia

 

Diving
Source: indonesia.travel

Belum ke Wakatobi jika Anda tidak menyelam di salah satu spot diving terbaik di dunia ini. Karenanya, jangan menyia-nyiakan kesempatan emas untuk menikmati keindahan alam bawah laut Taman Nasional Wakatobi. Bagi penyelam, spot ini selalu masuk dalam bucket list tujuan diving yang harus dikunjungi.

Di antara sejumlah titik selam yang tersedia di Wakatobi, Anda sebaiknya datang ke empat spot yang pastinya akan membuat terkesima. Keempat titik penyelaman tersebut adalah Coral Garden, Cornucopia, House Reef, dan Roma. Bukan hanya penyelam lokal, penyelam asing pun mengakui panorama menawan di sini. Saat berada di area penyelaman, Anda dapat menjumpai red-tooth tiger fish dan berbagai ikan berwarna-warni lainnya. Selain itu, terumbu karang dan rumput laut di kawasan Wakatobi seolah tak mau kalah dalam unjuk kemolekan. Karenanya, Anda sebaiknya tidak melupakan kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bahari ini.

Kawasan Wakatobi sebenarnya baik untuk diselami sepanjang tahun karena memiliki suhu dengan rentang antara 26 hingga 30 derajat celcius. Namun, untuk menikmati keindahan perairan Wakatobi dengan maksimal, Anda sebaiknya menghindari periode April hingga Mei dan September hingga November karena merupakan musim ramai pengunjung. Jadi, sebaiknya pesanlah akomodasi dan transportasi lebih awal agar rencana liburan tidak berantakan.

Jelajahi Telaga Gua di Pulau Wangi

Telaga Gua di Pulau Wangi
Source: indonesiakaya.com/

Sumpek dengan rutinitas pekerjaan? Berkunjung Pulau Wangi di Wakatobi boleh menjadi pilihan. Saat anda merasa jenuh, telaga-telaga gua siap memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Sejumlah gua di kawasan ini memang memiliki telaga natural yang menjadi daya tarik tersendiri.

Di antaranya adalah Gua Kontamale dan Gua Tee Kosapi. Meskipun butuh usaha ekstra untuk mencapai gua tersebut, dijamin akan terbayar tuntas dengan keindahan yang memukau wisatawan. Selain mata air jernih yang menawan, gua ini memiliki stalagmit dan stalaktit di bagian dinding yang megah dan awet tanpa mengenal zaman.

Untuk mengunjungi telaga gua di Pulau Wangi, Anda harus memulai perjalanan dari Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi. Dari sana, perjalanan dapat ditempuh melalui jalur darat dengan naik mobil atau motor. Waktu yang dibutuhkan menuju telaga gua sekira 15 menit. Saat sampai di mulut gua, maka siap-siaplah untuk menikmati pesona alam yang sulit ditemukan di tempat lain.

Eksplorasi ke Kampung Suku Bajo

Perkampungan suku Bajo yang terkenal sebagai “orang laut” dapat menjadi spot wisata menarik di Wakatobi. Komunitas ini mendirikan rumahnya di atas air laut, sehingga keunikan tersebut menjadi daya pikat tersendiri. Dengan menjelajahi kampung terapung ini, Anda akan merasakan pengalaman liburan seru dan tak terlupakan. Anda dapat lebih mengenal suku yang memiliki mata pencaharian utama dengan mencari ikan secara tradisional. Selain itu, asal usul, gaya hidup, adat istiadat, hingga seni dan budaya suku ini juga dapat menjadi aspek penting yang diulik lebih jauh di Kampung Suku Bajo.

Mendaki Bukit Khayangan di Tomia untuk menikmati senja terindah di Wakatobi

Bukit Khayangan di Tomia
Source: traveloka.com

Anda adalah penikmat senja sejati? Wakatobi memiliki destinasi bagi para penggemar keindahan panorama matahari terbenam. Selain pantai dan alam bawah laut, kawasan ini memiliki daerah puncak berupa Bukit Khayangan. Seperti namanya, bukit ini bak sekeping surga di bumi karena menawarkan keindahan alam untuk menikmati indahnya sunset. Selain itu, gugusan pulau Wakatobi pun terlihat jelas dari ketinggian. Jika ingin berlama-lama, pastikan untuk membawa karpet dan nikmati langit beratapkan bintang penuh gemerlap. Menariknya, kawasan ini dipercaya merupakan bekas dasar lautan karena pernah ditemukan berbagai fosil terumbu karang purba.

Nikmati Kuliner Khas Wakatobi

Kuliner Khas Wakatobi
Source: goodnewsfromindonesia.id

Saat berada di Wakatobi, puaskan diri Anda untuk mencicipi kuliner khas yang begitu nikmat. Di antara makanan yang harus dicoba adalah Ikan Parende, Kasuami, Luluta,  Kapusu Nosu, Kosean No Kaudata, dan Sanggara Balanda. Tampilan unik dari penyajian kuliner khas Wakatobi akan menambah sensasi lezat. Jadi, jangan sampai beranjak dari Wakatobi sebelum menyantap hidangan spesial tersebut, ya!

Wonderful Indonesia

Sudah siap menikmati beragam aktivitas seru di tempat wisata populer di Wakatobi? Yuk, eksplorasi dan ketahui lebih banyak tentang wisata di Wakatobi dengan mengunjungi Wonderful Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *