Mengajarkan Hidup Sehat pada Anak

Manfaat Mengajarkan Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini

Gaya hidup sehat akan memberikan manfaat yang positif bagi diri sendiri. Baik itu secara fisik, mental, sosial hingga akademis sekalipun. Oleh sebab itu, penting untuk mengajarkan hidup sehat pada anak sejak dini. Pola hidup sehat bisa diterapkan dalam banyak hal di kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya?

Mengajarkan Hidup Sehat pada Anak

Manfaat Membiasakan Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini

1. Manfaat Fisik
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menerapkan pola hidup yang sehat bahkan pada anak di usianya yang masih kecil. Untuk manfaat fisik misalnya, gaya hidup sehat bisa membantu anak untuk mencapai berat badan yang ideal.

Selain itu, pola ini juga bisa membangun tulang dan otot yang kuat secara maksimal dalam masa pertumbuhannya. Dengan olahraga dan asupan nutrisi yang tepat, berat badan anak juga akan sehat dan dapat menurunkan risiko anak mengidap diabetes, tekanan darah tinggi hingga kolesterol tinggi.

Apalagi bila ia menerapkan diet seimbang dengan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, sistem kekebalan tubuhnya akan bagus dan anak bisa kebal terhadap virus dan penyakit.

2. Manfaat Mental
Manfaat lain yang bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat adalah kesehatan mental. Asupan yang tepat dengan porsi aktivitas yang baik sangat bagus untuk kesehatan mental anak. Anak yang sehat mentalnya akan lebih percaya diri dan mampu menangani tantangan emosi.

Aktivitas fisik dan olahraga juga akan merangsang pelepasan hormon endorfin di tubuhnya. Kalau begini, anak bisa menjadi lebih bahagia dan damai. Jika kualitas tidurnya baik, maka anak juga akan lebih berenergi dalam menjalani aktivitasnya dan ia merasa lebih baik secara emosional.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kemandirian Anak dan Tips Melatih Kemandiriannya

3. Manfaat Sosial
Lalu, apa manfaat sosial dari menerapkan pola hidup sehat sejak dini ini? Untuk manfaat sosial, anak yang sehat secara fisik dan mental cenderung memiliki keterampilan interaksi sosial yang baik. Ini juga mengurangi kemungkinan mereka terkena bullying di sekolah.

4. Manfaat Akademis
Sedangkan manfaat akademis juga ada. Gaya hidup sehat ini bisa membantu anak lebih sehat secara fisik dan membuatnya tak mudah sakit serta terus masuk sekolah. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan juga akan mengurangi rasa cemas dan stres sehingga mereka bisa lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas serta mampu mengingat informasi yang baik.

Cara Menerapkan Hidup Sehat Sejak Dini

1. Ajak Anak untuk Melakukan Olahraga Kesukaannya
Salah satu cara mengajarkan hidup sehat adalah dengan mengajak anak beraktivitas di luar ruangan. Misalnya, dengan mengajak anak melakukan olahraga kesukaannya. Biarkan anak memilih olahraga apa yang dia inginkan. Dengan begitu, kegiatan olahraga akan terasa menyenangkan sekaligus menjadi kebiasaan hidup sehat anak.

Sebaiknya, orang tua juga ikut melakukan olahraga yang anak inginkan. Sebab, anak akan mencontoh perilaku positif Anda ketika Anda berolahraga. Dengan berolahraga, ini sangat bagus untuk fisik dan mentalnya. Anak-anak yang kurang aktif memiliki risiko yang cukup tinggi terkena obesitas dan anak juga memiliki semangat yang rendah.

2. Ajarkan Anak untuk Mengonsumsi Buah dan Sayuran
Cara hidup sehat untuk anak yang bisa Anda terapkan lainnya adalah dengan mengajaknya untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Anak memang cukup sulit mengonsumsi buah dan sayuran karena berbagai alasan. Beberapa alasan itu seperti rasanya yang tak enak atau bentuknya yang aneh.

Namun, apapun alasan anak Anda, ada baiknya tetap biasakan anak mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Anda bisa menyiasatinya dengan berbagai cara membuatnya menjadi jus dan manisan. Mengonsumsi buah dan sayur nyatanya bisa membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal dan membuatnya menjadi lebih sehat.

3. Biasakan Anak Mengonsumsi Air Putih yang Cukup
Anda juga bisa mengajarkan hidup sehat pada anak dengan membiasakan anak mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih sangat baik untuk anak sebab ia bebas akan kalori dan gula. Ini adalah pilihan paling sehat untuk memenuhi cairan tubuh.

Dengan mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, ini bisa mencegah peningkatan berat badan yang signifikan dibanding minuman yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, air putih juga bisa membantu proses pembuangan sisa makanan melalui urine, keringat dan feses.

4. Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Anda juga bisa coba ajarkan anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Ini merupakan salah satu kunci hidup sehat. Ajarkan anak untuk rajin membersihkan diri mulai dari hal paling kecil seperti mencuci tangan dan menggosok gigi. Latih juga kebiasaan anak untuk membereskan mainannya setelah selesai bermain.

Baca Juga : Cara Mendisiplinkan Anak Tak Boleh Memaksa, Terapkan Cara Ini!

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengajarkan hidup sehat pada anak sejak dini. Tak susah, namun harus dilakukan secara konsisten. Anda bisa memulainya dengan perlahan agar anak tak merasa terpaksa saat melakukan gaya hidup sehat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *