Obat Amandel Anak yang Mudah Anda Temukan di Rumah

7 Obat Amandel Anak yang Mudah Anda Temukan di Rumah

Penyakit pembengkakan pada amandel terjadi karena paparan infeksi, virus atau bakteri. Padahal amandel merupakan bagian yang menjadi basis pertahanan tubuh dari serangan penyakit tersebut. Jangan heran kalau penderita amandel yang kebanyakan anak-anak sering mengalami gangguan tidur, kesulitan menelan dan bernapas. Memberikan obat amandel anak berupa antibiotik, ibuprofen atau paracetamol  sesuai resep dokter bisa meredakan radang amandel. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan alami di rumah Anda, lho!

Obat amandel anak yang alami dan murah meriah

Radang amandel yang masuk kategori parah dengan ciri bengkak kemerahan perlu penanganan serius. Bila amandel sering kambuh, maka dokter bisa merekomendasikan operasi pengangkatan guna mencegah risiko lebih buruk. Namun, Anda yang memiliki anak dengan amandel, wajib tahu 7 obat amandel anak alami yang bisa meredakan radang berikut :

1. Air garam

Sakit tenggorokan karena amandel yang membengkak bisa diredakan dengan berkumur air garam. Gunakan air hangat dengan tambahan garam yang berguna sebagai antiseptik alami yang ampuh membunuh kuman dan bakteri. Kumurlah air garam beberapa detik, tapi usahakan tidak tertelan sebelum Anda berkumur dengan air biasa untuk menghilangkan sensasi asin.

2. Teh hangat dan madu

Obat amandel yang bisa Anda coba selanjutnya adalah teh hangat yang dicampurkan dengan madu. Kandungan antibakteri pada madu bisa membunuh kuman atau bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan, sedangkan teh hangat bisa menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan akibat pembengkakan amandel.

3. Air perasan lemon dan madu

Sama seperti teh hangat yang dicampurkan madu, Anda juga bisa menggunakan perasan lemon untuk mengatasi amandel yang kambuh. Kandungan vitamin C pada lemon bisa membuat sistem imun lebih baik dan terhindar dari paparan infeksi virus, kuman atau bakteri. Toh, kandungan antibakteri, antivirus dan antiinflamasi pada lemon sangat direkomendasikan dalam melawan peradangan.

4. Akar manis atau licorice

Akar manis bisa menjadi salah satu obat yang efektif melegakan tenggorokan penderita radang amandel. Namun, licorice tidak disarankan untuk anak-anak yang tidak tahan dengan sensasi rasa pedas yang bisa menyebabkan anak tersedak. Sebagai ganti obat pereda radang atau melegakan tenggorokan, Anda bisa mengganti licorice dengan permen pelega tenggorokan seperti mint pada buah hati.

5. Bawang putih

Tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu dapur di rumah, bawang putih menjadi salah satu obat amandel anak yang efektif. Cara mendapatkan manfaat antivirus, antiviral dan antioksidan pada bawang putih adalah memakannya secara utuh. Bagi pemilik amandel yang sudah bengkak dan gampang kambuh, bisa mengambil dua siung bawang putih dan potong menjadi bagian kecil. Bagian-bagian tersebut direbus selama lima menit, saring dan minum selagi hangat.

6. Kayu manis

Suka dengan aroma kayu manis yang khas sebagai bumbu masak di dapur? Anda juga bisa menjadikan kayu manis sebagai obat amandel untuk si kecil. Cukup campurkan satu teh bubuk kayu manis dengan segelas air panas, lalu tambahkan dua sendok teh madu ke dalam minuman herbal tersebut. Hirup uap dari campuran bahan alami yang tengah mengepul, lalu anak bisa minum secara rutin setidaknya 2-3 kali seminggu sampai sembuh.

7. Kunyit

Infeksi amandel memang membuat anak merasa kesakitan dan tidak nyaman sehingga orangtua wajib berperan menyembuhkan sakit si kecil. Anda bisa mencoba cara sederhana untuk melegakan gejala tenggorokan yang tidak nyaman dengan kunyit saja. Cukup campurkan satu sendok teh kunyit bubuk, sedikit lada hitam dan segelas susu hangat untuk melegakan tenggorokan yang sakit. Konsumsi pada anak secara rutin 2-3 hari saja, maka radang amandel bisa lebih cepat sembuh.

Berdasarkan rekomendasi 7 obat amandel anak di atas, apakah Anda sudah pernah mencoba salah satunya untuk buah hati tercinta? Selain menggunakan obat alami, tidak ada salahnya untuk menerapkan saran dari dokter terkait meredakan radang amandel seperti perbanyak istirahat, tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam dan memastikan kualitas udara di rumah cukup baik.

Udara di rumah yang terlalu kering bisa menyebabkan bibir pecah dan kondisi radang amandel semakin parah. Selain memasang humidifier, anak bisa mandi menggunakan air hangat untuk merelaksasi tubuh dan melegakan tenggorokan. Yuk, jaga kesehatan si kecil agar terhindar dari risiko radang amandel kambuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *