Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur

4 Penyebab Bayi Baru Lahir Susah Tidur yang Orangtua Perlu Tahu

Bayi yang baru saja lahir membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dan akan berubah seiring perkembangan usia. Bila orangtua memiliki bayi yang alami masalah tidur, pasti bakal kewalahan dengan jam tidur yang berubah-ubah. Nah, sudahkah Anda mengetahui penyebab bayi baru lahir susah tidur tersebut?

Penyebab bayi susah tidur

Ada beberapa penyebab bayi baru lahir susah tidur yang harus Anda ketahui agar bisa mencari solusi terbaik mengatasi masalah tersebut. Apa saja penyebab bayi alami kesulitan tidur? Yuk, simak ulasan singkat  berikut!

1. Belum bisa membedakan waktu

Perbedaan siang dan malam belum bisa dikenali oleh bayi sehingga ia tidak memiliki jam tidur teratur seperti orang dewasa. Anda memang perlu bersabar saat bayi terbangun lebih banyak pada malam hari, ya!

2. Kamar tidur yang memiliki suhu terlalu panas atau dingin

Penting sekali mengetahui bayi baru lahir susah tidur karena pengaruh suhu. Jika kamar anak memakai AC, sebaiknya atur suhu AC berkisar 23-36 derajat celcius saja atau jangan terlalu dingin. Jangan lupa untuk memasang ventilasi udara demi menjaga kualitas dan sirkulasi udara di kamar bisa berganti dengan baik.

3. Terlalu lapar

Bayi alami rewel atau menangis terlalu sering bisa membuat ia susah tidur. Penyebabnya bisa dikarenakan ia kekurangan asupan ASI dari sang ibu. Pastikan Anda memberikan ASI setiap 2-3 jam sekali supaya pertumbuhan si kecil tidak terganggu dan ia bisa kembali tidur dengan tenang.

4. Gangguan kesehatan

Bayi susah tidur karena mengalami gangguan kesehatan yang perlu mendapatkan penanganan serius, misalnya sembelit, perut kembung, alergi, demam, dan lain-lain. Sebaiknya orangtua rutin memeriksakan kesehatan si kecil agar ia bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas. Imunisasi pada bulan-bulan pertama kelahiran juga memberikan efek samping seperti demam atau rewel.

Penyebab bayi baru lahir susah tidur perlu dipahami orangtua agar bisa beradaptasi dengan jam tidur mereka. Bayi juga akan memiliki jam istirahat malam dan siang hari yang berbeda tergantung usia, ya! Yuk, kunjungi calzadoo.com untuk mendapatkan informasi bermanfaat seputar kesehatan si kecil atau lifestyle menari lain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *