Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur

Penyebab Bayi Susah Tidur dan Tips Mengatasinya

Pola tidur bayi dan orang dewasa berbeda. Bayi membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih banyak daripada orang dewasa. Setidaknya, rata-rata bayi baru lahir menghabiskan waktu 14 hingga 17 jam dalam sehari untuk tidur dan ini sangat berguna untuk tumbuh kembangnya. Tapi, ada juga bayi yang mengalami susah tidur. Apa saja penyebab bayi susah tidur ini?

Penyebab Bayi yang Susah Tidur

Meski bayi harus bisa tidur dalam waktu yang cukup lama, namun sebenarnya bayi mudah terbangun dari tidurnya bila dibandingkan orang dewasa. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal yang bisa membangunkannya dan membuat bayi susah tidur. Ini dia penyebab kenapa bayi Anda susah tidur dengan nyenyak!

Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur

1. Suara Berisik
Salah satu penyebab kenapa bayi susah tidur adalah adanya suara yang berisik. Suara berisik membuat mereka lebih mudah terbangun dari tidurnya. Namun, biasanya ketika bayi mendengar suara yang familiar di telinganya, ia tak akan terbangun. Suara yang familiar itu misalnya nyanyian ibu, suara TV dan lainnya.

Suara berisik seperti kendaraan yang mengebut, musik yang diputar keras dan lainnya bisa membuat bayi kaget. Tidur mereka pun bisa terganggu. Untuk menghindari hal tersebut, jauhkan bayi dari suara berisik. Berikan ia lingkungan yang tenang saat bayi tidur dan kalau perlu matikan lampu kamar tidur bayi saat tidur malam.

2. Suhu Ruangan yang Panas
Selain suara berisik, suhu ruangan yang panas juga bisa membuat bayi susah tidur nyenyak. Suhu ruangan terbaik untuk bayi yang baru tidur adalah sekitar 18 hingga 22 derajat celcius. Kalau cuaca sedang panas, tak ada salahnya Anda menggunakan pendingin ruangan untuk mencapai suhu yang ideal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kipas angin untuk membuat suhu lebih ideal. Namun, pastikan Anda menjaga jarak antara kipas dengan bayi. Jangan sampai terlalu dekat. Kalau mau aman, Anda bisa membuka jendela saja.

3. Bayi Lapar
Penyebab bayi susah tidur adalah karena ia lapar. Lapar di tengah malam biasanya menyebabkan bayi terbangun. Mereka akan terbangun sambil menangis sehingga Anda harus memberikan ASI atau susu formula. Biasanya, hal ini terjadi di awal kehidupan bayi setelah lahir.

Frekuensi bayi bangun tengah malam biasanya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia si bayi. Untuk menyiasati masalah ini, Anda bisa menyusui bayi lebih dulu sebelum ia tidur. Namun, perlu dicatat. Khusus bayi yang menyusu botol, hindarkan memberi susu sampai ia tertidur pulas. Pasalnya, hal ini berisiko membuatnya tersedak.

4. Bayi Sedang Tumbuh Gigi
Untuk bayi yang sudah lebih besar, salah satu penyebab kenapa ia tak nyenyak tidur adalah karena sedang tumbuh gigi. Tanda bayi yang akan tumbuh gigi sendiri adalah sering meneteskan air liur, suka menggigit, sulit makan dan rewel. Hal ini seringkali merasa tak nyaman. Kadang, ia akan terbangun tengah malam karena merasa nyeri pada gusinya.

Hal yang Bisa Dilakukan agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak

1. Singkirkan Alat yang Memancarkan Sinar Biru di Kamar
Tentunya, Anda tak ingin pertumbuhan buah hati Anda terganggu karena masalah kurang tidur, kan? Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Anda bisa menerapkan terapi bayi susah tidur dengan menyingkirkan alat yang memancarkan sinar biru di kamarnya.

Sinar biru yang digolongkan dalam high energy visible light atau HEV Light ini memiliki energi yang tinggi dan sumber utamanya adalah sinar matahari. Namun sumber lainnya adalah ponsel, televisi, laptop hingga lampu LED. Pastikan Anda tidak mencoba menidurkan bayi sembari menonton TV atau memainkan ponselnya karena akan buat bayi susah tidur.

2. Redupkan Ruang Tidur Bayi
Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat bayi bisa tidur nyenyak adalah dengan meredupkan ruang tidurnya. Bayi akan merasa lebih nyaman tidurnya tatkala tak ada sinar yang masuk. Ini juga bisa membantu mempercepat pelepasan hormon melatonin dalam tubuh yang membuat bayi lekas tidur.

Ruangan yang gelap akan membuat bayi lebih cepat mengeluarkan hormon melatonin yang merupakan indikasi bahwa sudah waktunya tidur. Anda bisa mencoba meredupkan lampu satu jam penuh sebelum tidur dan kalau bisa, gunakan kelambu agar bayi terbebas dari gangguan serangga.

3. Ciptakan Ritual untuk Menandakan Waktu Tidur
Tips agar bayi tidur nyenyak yang lain adalah cobalah untuk menciptakan ritual yang menandakan waktu tidur sudah tiba. Ritual ini bisa jadi jalan keluar masalah bayi yang susah tidur. Ritual yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengarkan lagu, menghidupkan lilin aroma terapi dengan aroma yang konsisten atau kegiatan lain yang dapat dikenalinya.

Kalau mereka sudah terbiasa, mereka akan merespon saat kegiatan itu dilakukan. selalu ingat juga, jangan membuat ritual dengan cara menggendong bayi sebelum tidur. Sebab, biasanya, jika bayi yang terbiasa digendong terbangun, ia akan mengalami kesulitan tidur kembali kecuali Anda menggendongnya lagi.

4. Berikan Pijatan pada Titik Tertentu
Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan pada titik tertentu pada bayi. Teknik ini disebut juga dengan akupresur. Akupresur ini adalah pengobatan asal Tiongkok dengan cara menekan titik-titik tertentu pada tubuh. Teknik ini akan membantu menghilangkan stres atau racun pada tubuh.

Namun, cara ini harus Anda lakukan dengan benar. Ada titik khusus yang harus Anda tekan. Bukan sembarang. Untuk melakukannya, Anda bisa menonton video dan mempelajari caranya lebih dulu.

5. Beri Makan Lebih Dulu
Kalau tak ingin bayi Anda terbangun karena merasa lapar, Anda bisa coba memberikannya ASI terlebih dulu sebelum tidur. Ini akan membantunya menghilangkan rasa lapar selama tidur meskipun nantinya ia akan kembali bangun karena rasa lapar.

6. Beri Obat Tradisional untuk Bayi Susah Tidur
Selain itu, Anda juga bisa coba memberikan obat tradisional bayi susah tidur. Salah satu obat yang dimaksud adalah minyak atsiri yang diekstraksi dari bunga lavender. Minyak ini memang sering digunakan untuk mengatasi masalah insomnia di segala usia termasuk pada bayi.

Anda bisa menambahkan minyak esensial ini ke dalam air mandi bayi agar mereka lebih nyaman. Selain minyak atsiri dari lavender, Anda juga bisa memberikan minyak chamomile yang juga aman untuk bayi agar ia bisa tidur pulas.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja penyebab bayi susah tidur? Memiliki bayi yang rewel untuk tidur memang merupakan tantangan yang melelahkan. Namun, Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah tidur bayi juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *