Persiapan Anak Masuk PAUD

Lakukan Persiapan Anak Masuk PAUD, Perhatikan Dulu Hal Ini

Pendidikan adalah hal yang penting untuk diberikan pada buah hati. Meski anak masih berusia dini, Anda sudah bisa memasukkannya ke jenjang Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. Namun, Anda tentunya tidak bisa asal memasukkan anak ke sana. Ada persiapan anak masuk PAUD yang harus Anda perhatikan. Apa saja?

Berapa Usia Ideal Anak Masuk PAUD?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memulai pendidikan anak sejak usia dini bisa membuat anak lebih bisa mengikuti pelajaran dan lulus dari sekolah menengah dan perguruan tinggi. Anak yang sudah dimasukkan ke PAUD sejak dini memiliki kemampuan lebih siap untuk bersekolah dan kemampuan dasarnya lebih banyak dibanding yang melewatkannya.

Tapi, kapan waktu tepat anak masuk PAUD sebenarnya? Padahal, ada banyak orang tua yang sudah memasukkan anak di usia 3 tahun bahkan ada yang berusia 1,5 tahun. Pandangan masyarakat terbagi dua dalam hal ini. Ada yang mendukung dengan alasan anak dapat memanfaatkan momen bermain dan stimulasi yang memadai selama ia bersekolah.

Sedangkan mereka yang kurang setuju juga ada. Alasan mereka yang kurang setuju karena mereka khawatir anaknya keburu jenuh belajar lantaran terlalu cepat disekolahkan. Pendidikan Anak Usia Dini ini sebenarnya adalah jenjang pendidikan usia 0 sampai 6 tahun atau sebelum anak masuk SD.

Jika ditanya berapa usia ideal anak masuk PAUD dan TK, maka jawabannya tak pasti. Rata-rata orang tua memasukkan anaknya bersekolah di usia 3 tahun. Namun, untuk menjawab persoalan itu sebenarnya belum pasti. Apabila anak sudah memenuhi syarat anak masuk PAUD, barulah ia bisa diajukan untuk bersekolah pendidikan usia dini.

Apa Saja Tanda-Tanda Anak Balita Sudah Siap Masuk PAUD?

Tanda anak siap masuk PAUD ini bisa dikatakan syarat bagi anak bisa masuk PAUD. Jika anak menunjukkan tanda-tanda yang disebutkan ini, berarti anak Anda sudah bisa memasuki jenjang pendidikan ini. Apa saja tandanya?

  1. Berani Berkomunikasi dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Salah satu tanda bahwa anak Anda sudah siap masuk PAUD adalah ia sudah berani berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Cobalah untuk memperhatikan apakah anak Anda sudah mengerti perintah sederhana dan bisa menjawab apa yang ditanyakan. Lihat juga apakah ia bisa meminta bantuan pada orang lain dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jika sudah bisa, itu artinya anak Anda sudah siap untuk masuk dunia pra sekolah ini. Untuk membantu anak melakukan persiapan anak masuk PAUD, Anda bisa membantunya dengan melatihnya berani menjalin komunikasi dengan orang lain. Ini bisa dimulai dengan mengajaknya bermain ke taman agar ia punya banyak teman sebaya.

  1. Bisa Menggunakan Toilet Sendiri

Tanda lain yang mengindikasikan bahwa anak siap sekolah adalah ia bisa menggunakan toilet sendiri. Ini adalah pertimbangan yang penting dilakukan sebelum memasukkan anak ke PAUD. Bila Anak belum bisa melakukannya dan ia ingin sekolah, ada baiknya Anda mengajarkan anak untuk menggunakan toilet lebih dulu dengan baik.

  1. Sudah Bisa Makan Sendiri

Tanda lainnya adalah anak sudah bisa makan sendiri. Hal ini mengidentifikasikan bahwa anak bisa melakukan kebutuhan dasarnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Inilah yang jadi pertimbangan penting yang juga harus dilakukan. Jika anak sudah bisa makan sendiri, Anda tak perlu khawatir saat ia makan bersama dengan anak lainnya.

Baca juga : Konsep Pendidikan Pra Sekolah, Tujuan dan Manfaatnya

  1. Bisa Ditinggal atau Jauh dari Orang Tua Sementara Waktu

Tanda lain yang mengidentifikasikan bahwa anak siap untuk masuk masa pra sekolah adalah ia bisa ditinggal atau jauh dari orang tua untuk sementara waktu. Apakah anak Anda nyaman saat ia ditinggal sebentar sementara ia bisa bermain dengan nyaman bersama rekan sebayanya? Jika ia, itu artinya anak Anda sudah siap memasuki dunia ini.

Tapi, bila anak Anda belum bisa lepas dari Anda padahal usianya sudah besar, paling tidak empat tahun, bukan berarti Anda harus menunggu sampai ia bisa melepaskan Anda. Jika anak belum mencobanya, maka Anda tak akan tahu. Untuk itu, sebaiknya coba dulu memasukkan anak ke PAUD jika usianya sudah besar.

Di awal masa ia masuk sekolah, mungkin ia akan menangis karena khawatir ditinggal ibunya. Namun tenang saja. Lama-kelamaan, ia akan terbiasa untuk bermain sambil belajar bersama temannya di PAUD. Anda juga sebaiknya memberi pengertian pada anak bahwa temannya juga melakukan hal yang sama. Jadi, ia tak perlu merasa khawatir jika ditinggalkan sebentar.

Nah, itulah tanda-tanda anak sudah bisa masuk sekolah PAUD. Jika tanda itu sudah muncul, maka Anda bisa melakukan masa persiapan anak masuk PAUD dengan mengenalkannya pada lingkungan PAUD lebih dulu seperti mengajaknya ke sekolah PAUD. Tak perlu buru-buru. Pelan saja agar anak terbiasa dan tak merasa terbebani saat berada di lingkungan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *