Tips Bepergian dengan Bayi

Tips Bepergian dengan Bayi untuk Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil sebenarnya tidak terlalu merepotkan dan sulit. Meski memang butuh tenaga ekstra untuk melakukannya, bukan berarti itu hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun, kalau Anda masih ragu, Anda bisa menerapkan tips bepergian dengan bayi berikut ini!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Agar perjalanan bersama bayi tetap nyaman, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal dulu. Banyak orang yang menyangka membawa bayi ketika bepergian itu sulit, namun sebenarnya cukup mudah karena bayi tidak melakukan banyak aktivitas. Apalagi, bila bayi masih berusia di bawah enam bulan. Anda bisa perhatikan hal berikut ini lebih dulu!

 

Tips Bepergian dengan Bayi

1. Pilihan Transportasi yang Tepat
Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika membawa bayi bepergian jauh adalah dengan memilih transportasi yang tepat. Bila Anda bertanya bolehkah bayi 2 bulan perjalanan jauh dengan pesawat, sebenarnya boleh, namun tidak terlalu disarankan. Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti dengan mobil ataupun bus.

Jika anak Anda sudah lebih dari 2 bulan dan memang ingin naik pesawat, ada baiknya Anda tanya pada pihak maskapai, apakah menyediakan fasilitas untuk bayi seperti makanan atau tempat untuk mengganti popok. Ada baiknya, Anda mencari tempat duduk yang dekat dengan toilet agar memudahkan Anda dalam mengganti popok bayi.

Selain itu, ada baiknya pilihlah penerbangan yang berangkat pagi atau sore hari karena kemungkinan penundaan penerbangan kecil. Saat pesawat sudah lepas landas, ada baiknya Anda memberikan camilan atau susu pada si bayi agar ia tak merasakan sakit pada telinganya akibat tekanan udara dalam pesawat.

Sedangkan bila Anda memilih untuk bepergian menggunakan kereta api, ini bisa dibilang moda transportasi paling ideal untuk membawa bayi karena memiliki ruang gerak yang lebih leluasa dibandingkan pesawat. Sedangkan mobil, ada baiknya Anda pastikan si kecil dapat tempat duduk khusus yang terpasang aman di mobil dan kaitkan dengan sabuk pengaman.

2. Jadwal Perjalanan yang Fleksibel
Selain itu, ada baiknya Anda memilih jadwal perjalanan yang fleksibel. Kalau Anda bepergian dengan bus, sebagai tips bepergian jauh dengan bus membawa bayi, ada baiknya Anda melakukan perjalanan pribadi atau bersama rombongan keluarga alih-alih ikut kelompok tur.

Sebab, rombongan tur biasanya memiliki jadwal yang padat sedangkan bepergian sendiri atau bersama keluarga, Anda bisa bebas memilih jadwal sendiri. Jika si kecil rewel atau mengantuk dalam perjalanan, Anda bisa meminta berhenti untuk istirahat lebih dulu.

Jika perjalanan yang Anda tempuh bersama buah hati terbilang cukup jauh, jika memungkinkan, ada baiknya hari pertama sampai digunakan untuk beristirahat saja. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa membiasakan diri dengan tempat barunya.

3. Perlengkapan Bayi yang Praktis dan Sesuai
Anda tentunya juga harus mempersiapkan perlengkapan bayi yang sesuai dengan kebutuhannya. Tak hanya pakaian bayi saja, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan kesehatan dan juga obat-obatan pribadi semisal termometer, tabir surya, gel untuk meredakan bekas gigitan nyamuk atau luka bakar dan lainnya.

Selain itu, pastikan Anda juga membawa air minum yang cukup untuk mencegah si bayi dehidrasi selama perjalanan. Tapi, tentunya Anda tak perlu membawa semua perlengkapan bayi hanya karena ingin menerapkan tips bepergian dengan bayi ini, ya! Cukup yang benar-benar diperlukan saja.

Jika diperlukan, tak ada salahnya Anda menyewa stroller atau tempat tidur portable atau peralatan lain ketika perjalanan. Hal ini bisa membuat kerja Anda dalam menyiapkan rencana perjalanan jadi lebih praktis dan mudah.

4. Ciptakan Suasana yang Menenangkan
Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika menerapkan cara bawa bayi di mobil atau moda transportasi lain untuk bepergian jauh adalah menciptakan suasana yang menenangkan. Meski berada jauh dari rumah, usahakanlah suasana selama perjalanan mirip dengan rumah sehingga si kecil bisa betah baik di jalan ataupun di tempat yang baru.

Anda bisa membawakannya selimut kesayangan atau bonekanya. Barang kesayangan seperti ini akan membantu anak merasa lebih nyaman dan aman serta menghilangkan rasa stres dan cemas berada di tempat asing yang umum dialami si kecil.

Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

Seperti yang telah disinggung dalam tips bepergian dengan bayi tadi, Anda harus membawa perlengkapan bayi selama bepergian. Meski begitu, tak semua perlengkapan harus Anda bawa. Beberapa perlengkapan yang harus dibawa adalah baju ganti. Penting untuk membawa pakaian ganti di dalam tas kecil yang berbeda dengan koper.

Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengganti pakaian si kecil bila terkena muntahan atau terkena tumpahan minuman. Selain itu, bawakan juga perlengkapan makan untuk mencegah bayi lapar. Perlengkapan yang dimaksud adalah sendok dan kotak makannya. Anda bisa mempersiapkan menu MPASI sederhana selama perjalanan.

Misalnya saja pisang, alpukat dan lainnya. Membawa perlengkapan makan sendiri ini baik terutama untuk masalah kebersihan. Perlengkapan lain yang harus dibawa selama perjalanan adalah toiletries. Salah satunya adalah tisu basah yang bisa membersihkan bekas makan atau berguna ketika mengganti popok bayi.

Selain itu, bawa juga bedak bayi, minyak telon dan salep khusus ruam popok agar bayi merasa nyaman tatkala beraktivitas. Bawalah juga kantung plastik untuk tempat sementara membuang bekas tisu atau popok sekali pakai yang berguna untuk mencegah bau tak sedap baju dan popok yang kotor.

Benda lain yang perlu dibawa selama bepergian jauh dengan bayi adalah alas kecil yang berguna untuk alas mengganti baju atau popok bayi. Lalu, bawa juga selimut yang berguna untuk mencegah cuaca yang sulit diprediksi dan agar bayi tetap hangat. Terakhir, stroller. Perlengkapan yang satu ini akan memudahkan Anda membawa bayi ketika bepergian.

Nah, itulah tips bepergian dengan bayi yang bisa Anda terapkan dan berbagai perlengkapan yang tak boleh dilupakan saat bepergian bersama bayi. Kalau Anda berhasil menerapkan semua tips di atas, perjalanan Anda bersama bayi akan terasa menyenangkan dan lebih mudah, kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *